Kamera Digital Berponsel

Panasonic Lumix DMC-CM1 – Setelah Samsung melenggang dengan Galaxy Camera, kini muncul vendor elektronik Jepang yang juga menyematkan ponsel pada kamera digitalnya. Panasonic Lumix DMC CM1 diperkenalkan dalam ajang pameran fotogra­ Photokina 2014 di Cologne, Jerman, pertengahan September ini. Lumix DMC-CM1 ini berupa ponsel Android yang dipasarkan sebagai kamera berponsel.

Baca juga : Net89

Jagoan utama Lumix DMC CM1 adalah kamera digital beresolusi 20 MP dengan ukuran sensor yang besar, 1 inch. Sensor yang menjamin kualitas foto prima itu dipadukan dengan lensa Leica 28mm (setara full-frame) dengan bukaan f/2.8. Lensa Leica banyak dipakai kamera profesional untuk mendapatkan tangkapan objek yang lebih tajam dan jernih. Di sekeliling lensa tersedia cincin pengendali untuk mengatur beragam parameter utama, seperti aperture, ISO, dan kecepatan.

Lumix DMC-CM1 ini juga mampu merekam video 4K. Sebagai smartphone, hasil fotonya bisa langsung dibagikan ke jejaring sosial lewat internet. Dari sisi kelas smartphone, Lumix DMC-CM1 terbilang kelas menengah-atas, berkat prosesor Qualcomm Snapdragon 801 Quad core 2,3 GHz, memori RAM 2 GB, memori internal 16 GB plus slot microSD hingga 128 GB. Semuanya berjalan di atas OS Android 4.4 Kitkat dan ditenagai baterai 2.600 mAh. Saat ini, Lumix DMC-CM1 baru akan dipasarkan di Jerman dan Prancis menjelang akhir tahun 2014. Namun belum jelas akan diluncurkan ke negara lainnya.

Siap di India, Segera di Indonesia

Android One adalah proyek Google untuk membuat smartphone Android berharga terjangkau yang berkualitas. Mulai Senin (15/9), Android One resmi diluncurkan di India. Proyek Android One ini selanjutnya juga akan dibawa ke Indonesia, Filipina, Pakistan, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Harapan Google, Android One diharapkan bisa meningkatkan skala ekonomi penggunanya.

Untuk membuatnya, Google bekerjasama dengan pabrikan lokal di India (OEM). Untuk tahap pertama, Android One dijual di India seharga 105 Dollar AS (Rp1,2 juta). Dengan ikut di proyek Android One, pabrikan bisa berhemat karena mereka tak perlu riset dan pengujian software dan hardware paling optimal yang digunakan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *