Jus bisa menjadi salah satu alternatif mi numan yang baik bagi anak yang kurang suka buah utuh. Namun, jangan sembarang memilih jus ya, Ma. Baiknya pilih jus yang mengandung 100% buah murni, karena bisa memberikan asupan nutrisi yang cukup bagi anak tanpa perlu khawatir bobot badannya jadi berlebihan. Hanya saja, Mama sebaiknya tidak memberikan terlalu banyak, cukup sekitar 120–180 ml saja per hari, supaya tidak mengganggu nafsu makannya. Jika si kecil termasuk gemar minum jus, Mama bisa mencampur jus 100% murni itu dengan air, sehingga bisa diminum beberapa kali sehari.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Antibiotik Yang Merugikan Anak

Studi yang dimuat di jurnal Pediatrics menemukan, masih banyak orangtua yang belum memahami kegunaan antibiotik, sehingga masih terperangkap mitos tidak benar saat mengantisipasi penyakit balitanya. “Hasil studi ini memperlihatkan, masih sedikit jumlah orangtua yang paham dan dapat menggunakan antibiotik sesuai dengan indikasi penyakit anaknya,” kata Dr. Pam Shaw, Dokter Anak dari University of Kansas Hospital.

Sebagian orangtua masih mengira antibiotik adalah pengobatan yang tepat untuk batuk/ pilek dan segera memberikan jenis obat ini begitu melihat ingus anak berwarna hijau. Tak sedikit juga orangtua yang langsung memberi antibiotik tanpa mempertimbangkan apakah anak memerlukannya, bukannya mengamati kondisi penyakit anak terlebih dulu.

“Dari sini terlihat, pentingnya peranan orangtua terhadap pemberian antibiotik bagi anak. Selain itu, orangtua juga dapat memengaruhi dokter anak dalam meresepkan antibiotik,” kata Dr. Louise Vaz, asisten profesor di bidang penyakit infeksi pada anak dan direktur medis Outpatient Antibiotic Therapy Program di Oregon Health and Science University, Portland.

Flu Berat Jangan Berikan Susu

Pemberian susu pada anak yang sedang sakit flu perut, baik itu susu formula maupun ASI, harusnya didiskusikan dahulu dengan dokter. Pasalnya, pemberian susu malah dapat membuat kondisi diare makin parah. “Saat terkena flu perut, anak mudah mengalami dehidrasi, sebab, penyakit ini mem buatnya terserang diare dan muntah-muntah.

Karenanya, Mama perlu pastikan anak cukup cairan,” kata Andrew Nowalk, MD, PhD, asisten profesor di bidang kedokteran anak dari Children’s Hospital of Pitts burgh. ”Banyak minum air putih da – pat membantu anak, namun sering kali air saja tidak cukup karena tidak bisa menggantikan elektrolit yang hi lang dari tubuh,” imbuhnya. Sebaiknya, berikan mi num an yang mengandung elektrolit, namun pastikan kandungan gulanya tidak terlalu tinggi.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *