Saya (25) memiliki riwayat sesar tiga kali dalam waktu 4 tahun. Awalnya saya tidak memiliki keluhan apa pun, tapi setelah sesar terakhir, punggung dan pinggang sering terasa sakit apalagi kalau setelah angkat benda berat. Solusi saya, cuma meminta anak sulung untuk menginjak-injak punggung. Kalau tulangnya sudah bunyi, rasa sakit sedikit berkurang tapi kalau untuk duduk lama saya tidak betah.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Dokter, apakah ini salah satu efek dari jarak sesar yang terlalu dekat? Bagaimana cara mengatasi nya? Saya sudah menggu nakan kb suntik karena rencana berhenti punya anak. Apakah pilihan saya ini efektif? Mohon jawaban dokter judi. Tia – Jakarta Rasa nyeri yang saat ini Ibu rasakan harus dievaluasi secara menyeluruh, mungkin memerlukan konsultasi ke spesialis saraf dan bedah ortopedi. Nyeri akibat adanya pelekatan-pelekatan pasca-ope rasi, biasanya terjadi di daerah perut bagian bawah, mungkin juga berhubungan dengan haid dan saat hubungan intim.

Nyeri tersebut dapat juga disebabkan oleh saraf terjepit atau kelainan pada tulang belakang. Upaya untuk menginjakinjak punggung Ibu jangan dilanjutkan karena bisa memperburuk keadaan, terutama bila penyebabnya kelainan pada tulang belakang dan atau serabut saraf. Apakah Ibu sudah berkonsultasi dengan dokter yang melakukan operasi dulu?

Sebab, dokter akan mengetahui apakah ada pelekatan atau tidak di dalam rongga panggul dan rongga perut Ibu. KB suntik cukup efektif dan bila Ibu cocok dapat diteruskan. Mengingat sudah tiga kali operasi sesar, apakah Ibu masih ingin menambah anak? secara medis dianjurkan untuk KB permanen atau sterilisasi karena bahaya operasi sesar semakin tinggi pada operasi keempat dan seterusnya. Terima kasih atas pertanyaannya.

KENYAMANAN BABY PALING UTAMA “Saat usia tujuh bulan kehamilan, saya dan suami excited untuk beli semua kebutuhan bayi. Baju bayi yang saya beli tidak perlu yang fancy, yang penting nyaman, lembut, dan halus saat dikenakan. Maka dari itu, saya selalu pilih yang 100% berbahan cotton. Kenyamanan baby paling utama buat saya. Karena jika baby nyaman, Mommy dan Daddy juga merasa nyaman.” AMELIA ATIK RADEL, 7 BULAN

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *